Perbedaan Hardisk SATA dan ATA / IDE

  
  Hardisk adalah sebuah piranti penyimpanan secondary yang berguna untuk menyimpan data kita dan menyimpan sistem operasi . hardisk dapat di partisi menjadi beberapa bagian ,hardisk memiliki beberapa jenis ada hardisk Serial ATA (SATA) dan ATA (IDE) .

  Hardisk memiliki beberapa ukuran ada yang 2.5" dan 3.5" .hardisk 2.5" merupakan hardisk ug terdapat di laptop dan hardisk tersebut tidak memerlukan adaptor ,sedangkan hardisk 3.5" adalah hardisk yg terdapat di PC yg memerlukan sumber tegangan .

  Hardisk Sata hardisk yang menggantikan peran hardisk IDE ,hardisk SATA lebih cepat dari pada hardisk IDE ,pada umumnya hardisk SATA memiliki kecepatan 5400 Rpm dan ada juga yang memiliki kecepatan 7200 Rpm .

  Hardisk ATA (IDE) merupakan hardisk generasi pertama yg memiliki kecepatan hanya 4200 Rpm dan hardisk ini sudah jarang ditemukan dikarenakan telah digantikan dengan hardisk SATA . hardisk IDE memiliki jarum kunigan untuk menghubungkan ke port IDE .hardisk ini membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk memutar cakram pada hardisk tersebut.

Hardisk SCSI merupakan hardisk tercepat saat ini yang memiliki kecepatan sampai 15600 Rpm .


Source: Menggunakan hardisk hitachi 500 gb ,toshiba 500 gb dan seagate 40 gb ide


Comments

Popular posts from this blog

4 Macam Tipe Data Composite

Apa itu VGA Shared Dan Dedicated

Pengertian single core ,dual core ,Quad core ,Dan Octa core pada Prosesor